Wisuda Universitas Terbuka Periode I tahun 2020/2021 Secara Daring dengan Tema “UT Berdaya Cipta ASN Berkualitas”

Wisuda Secara Daring, Universitas Terbuka Tarakan Luluskan 305 Mahasiswa

Sebanyak 13 mahasiswa sarjana S1 dan S2 Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Tarakan  bersama seluruh sarjana dari Universitas Terbuka seluruh Indonesia menjalani wisuda daring secara serempak. Pelaksanaan wisuda dilaksanakan Selasa 24 Novemver 2020 pukul 09.00 Wita sampai selesai yang diikuti sebanyak 39 UPBJJ  dan 1 Layanan Luar Negeri (LLN)

Jumlah mahasiswa UT seluruh Indonesia yang dinyatakan lulusan, sebanyak 38.688 orang . UT Tarakan, mahasiswa yang dinyatakan lulus ada 305 orang terdiri dari S2 sebanyak 4 orang, S1 pendidikan dasar sebanyak 191 orang dan S1 non pendidikan dasar ada 110 orang.

Direktur UT Tarakan Dr.Milwan, S.Sos,  M.Si mengatakan Wisuda kali ini memberikan kesan tersendiri karena dilaksanakan dengan cara Daring dengan menggunakan Aplikasi Zoom secara Virtual. Pelaksanaan Wisuda Di UPBJJ UT Tarakan berjumlah 13 Orang dan dibatasi yang menghadiri Wisuda Daring di Kantor UPBJJ UT Tarakan berjumlah 5 orang dengan melaksanakan protokol covid 19 dan sisanya sebanyak 8 orang melaksanakan wisuda daringnya dirumah atau dikantor mereka masing-masing dengan berpakaian toga.  UT juga menanyangkan live dengan Youtube sehingga mahasiswa yang lain, keluarga dan masyarakat yang ingin menyaksikan bisa langsung melihatnya.

Pada kesempatan yang berbahagia dalam rangka Upacara Wisuda Universitas Terbuka  Periode I Tahun Akademik 2020/2021. selaku Rektor Universitas Terbuka, Bapak Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D memberikan pidato mengenai Tema “UT Berdaya Cipta ASN Berkualitas”. 

Pemilihan tema ini berkaitan dengan pelaksanaan Tes CPNS tahun 2019, sebanyak  9.436 alumni UT ikut bersaing secara ketat dan berhasil lulus menjadi calon ASN baru.  Capaian jumlah tersebut jauh melebihi beberapa perguruan tinggi negeri lainnya.  Hal ini memperlihatkan kualitas  lulusan UT yang semakin kompetitif dan siap mengabdi menjadi ASN yang adaptif, profesional, kompetitif dan berwawasan global.

Kenyataan tersebut semakin memperkuat kewibawaan UT untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas serta menghasilkan lulusan yang dapat berdaya guna dan berdaya saing  di masyarakat. Kenyataan ini juga mencerminkan kualitas kurikulum UT yang semakin baik. Bahan ajar yang dikembangkan, layanan bantuan belajar yang diselenggarakan serta kegiatan evaluasi hasil belajar yang dirancang, telah memungkinkan setiap lulusan UT memperoleh pengalaman belajar  yang optimal sesuai dengan profil kualitas lulusan yang telah ditetapkan. UT senantiasa melakukan pengawalan kualitas secara jelas terhadap bahan ajar,  proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar yang  dikendalikan melalui sistem penjaminan kualitas internal yang sangat ketat sehingga mutu lulusan UT dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. 

Keberadaan UT di masa pandemi semakin memantapkan jati dirinya sebagai leader institusi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) di Indonesia, karena sejak awal pendirian UT 36 tahun yang lalu, telah menerapkan sistem belajar jarak jauh dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Pandemi Covid-19 telah memaksa institusi Pendidikan Tinggi lainnya di luar UT beradaptasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran, karena pembelajaran tidak mungkin dilakukan dengan cara-cara konvensional seperti yang selama ini mereka terapkan.  Kita semua yang hadir disini patut berbangga, bahwa UT sudah selangkah lebih maju dalam melakukan online learning, sementara Perguruan Tinggi lain baru memulainya.

Sebelum mengakhiri pidato tidak lupa menyampaikan kepada para wisudawan mengenai beberapa hal, di masa-masa sulit yang dihadapi bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lainnya di dunia karena adanya pandemi covid-19, masyarakat harus beradaptasi dengan tatanan kebiasaan baru dalam belajar dan bekerja, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah, seperti selalu menjaga kebersihan, selalu menjaga jarak,  menggunakan masker, mencuci tangan setelah melakukan kegiatan tertentu, dan sedapat mungkin menghindari tempat-tempat keramaian agar penularan Covid-19 dapat diminimalisir penularannya.

Selanjutnya, saya mengharapkan kepada semua lulusan untuk dapat berkolaborasi dan bersinergi membawa nama baik UT serta memberikan sumbangsih kepada Almamater. Para Alumni UT telah menyediakan wadah bagi wisudawan/wisudawati untuk dapat bergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kehadiran wisudawan/wisudawati dalam IKA-UT tersebut adalah spirit bagi kami untuk semakin berkarya demi kejayaan UT.  Bergabungnya Bapak dan Ibu sebagai alumni  pada IKA-UT, akan semakin memperpanjang tali silaturahmi antar alumni, serta dapat turut bersama-sama berperan serta dalam mewujudkan Making Higher Education Open To All.